welcome to my blog!enjoy aja ye!hihihihi...

Cuaca dan Iklim


Sharing catatan IPA tentang cuaca dan iklim.Semoga bisa bermanfaat...




-Cuaca adalah segala kondisi lapisan udara(atmosfer) di suatu wilayah dalam jangka waktu relatif pendek.
-Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi bumi dan terbagi menjadi berbagai lapisan yaitu troposfer,stratosfer,mesosfer,dan termosfer.
-Gas- gas yang terdapat di atmosfer di antaranya adalah nitrogen(78,09%),oksigen(20,95%),uap air(0,2-4%),karbondioksida(0,03%),ozon(0,00006%),argon(0,93%) dan partikel debu.
-Unsur cuaca yang utama adalah sinar matahari,awan,angin,hujan,kelembabpan,tekanan dan suhu.
-Banyaknya panas yang di terima permukaan bumi terutama di pengaruhi oleh lamanya penyinaran matahari,kemiringnan sinra matahari,keadaan permukaan bumi dan keadaan awan.
-Awan adalah uap air yang terkondensasi di dalam atmosfer dan membentuk titik air atau kristal es.
-Hujan merupakan hasil kondensasi uap air yang terus berlangsung di udara.Titik-titik air yang membentuk awan akan bergabung membentuk partikel yang lebih besar kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan.
-Angin adalah gerakan udara yang terjadi di atas permukaan bumi yang di sebabkan oleh perbedaan tekanan udara di dua wilayah yang berdekatan.
-Kelembabpan udara adalah kandungan uap air di dalam yang merupakan hasil penguapan air di permukaan bumi.
-Suhu udara mempengaruhi kemampuan udara menahan uap air .Sehingga semakin rendah suhu udara kemampuannya menahan uap air juga menurun.
-Udara memberikan tekanan yang cukup besar pada permukaan bumi yaitu sekitar 1kg untuk setiap luas bidang 1cm persegi.Tekanan udara ini berasal dari berat partikel-partikel udara yang menyusun atmosfer.
-Iklim dapat di katakan sebagai cuaca yang di alami sepanjang suatu masa di suatu tempat.
-Perubahan iklim bumi dapat menimbulkan sejumlah bencana alam seperti kenaikkan air laut,perubahan musim yang tidak menentu dan wabah penyakit.

SEKIAN.

1 Response to "Cuaca dan Iklim"

  1. :38

Posting Komentar

komentar yang sopan!hihihi...thx yang uda mau komen!

thank for visiting!happy blogging!

paramore-when it rains
powered by Blogger | modifed by harajuku_08